12.28.2010

JADIKAN DUKUN BERANAK SEBAGAI TENAGA KESEHATAN

Sungai Raya. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendarwan mengatakan pihaknya akan memberikan legalitas dan menjadikan dukun beranak yang ada di kabupaten itu sebagai tenaga kesehatan. "Kita akan memberikan legalitas kepada seluruh dukun beranak yang ada di Kubu Raya, karena tidak bisa di pungkiri mereka juga berperan dalam proses persalinan dan tenaga mereka masih banyak dibutuhkan masyarakat," kata Muda ditemui Jumat (12/11).

Dalam hal itu, Dinas Kesehatan Kubu Raya akan memberikan pelatihan kepada para dukun beranak mengenai bagaimana proses persalinan yang benar sesuai ketentuan kesehatan yang berlaku. Menurut Muda, dengan diberikannya pelatihan kepada dukun beranak untuk mempercepat angka kematian pada ibu dan bayi. Hal itu juga sesuai dengan tujuan dari Millenium Development Goals.

"Ini memang sedikit berat untuk dilakukan, namun kami yakin dengan pendekatan yang baik dan pemberian latihan penanganan kesehatan bertahap tenaga dukun beranak bisa lebih dirasakan manfaatnya dalam membantu proses persalinan masyarakat," tutur Muda.

Pemerintah Kubu Raya akan terus melakukan pendekatan terhadap dukun beranak yang ada di seluruh kecamatan di Kubu Raya, bahkan dalam waktu dekat Muda akan mengumpulkan para dukun beranak itu untuk melakukan pertemuan dan memberikan pelatihan. "Nantinya setiap dukun beranak juga ditempatkan di setiap polindes dan berhak menggunakan berbagai fasilitas kesehatan yang ada di sana," tuturnya.

Bupati menyadari sebagai kabupaten yang baru terbentuk, Kubu Raya masih memerlukan banyak tenaga kesehatan termasuk dukun beranak. Hal itu yang melatar belakangi pemerintah Kubu Raya untuk memberikan legalitas kepada tenaga persalinan tersebut. Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Titus Nursiwan menyatakan siap untuk membina dukun beranak. Dia mengungkapkan hal tersebut juga sudah dilakukan di Kecamatan Sungai Ambawang. "Kita bahkan sangat bersyukur karena antusias dukun beranak itu cukup besar untuk mendapatkan pelatihan dari kita," kata Titus.

Dinas Kesehatan Kubu Raya juga akan memfasilitasi MoU antara bidan dan dukun beranak di setiap desa. "Sehingga jika ada masyarakat yang menggunakan jasa dukun beranak dalam proses persalinan mereka akan di dampingi langsung oleh bidan," tutur Titus.

Humas Sekretariat Daerah

Kabupaten Kubu Raya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver