12.28.2010

KUBU RAYA SIAPKAN LAHAN TRANSMIGRASI KORBAN BENCANA

Sungai Raya. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan saat ini pihaknya telah mempersiapkan lahan di lokasi transmigrasi kabupaten tersebut untuk ditempati korban bencana alam di Jawa Tengah, Wasior dan Mentawai. "Kita sudah menyurati pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Tengah untuk percepatan program transmigrasi bagi korban bencana alam," kata Muda di Sungai Raya, Minggu (14/11).

Bahkan pemerintah Kubu Raya juga sudah melakukan pengecekan pada beberapa daerah transmigrasi di kabupaten itu tadi siang untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu ada tanggapan dari pemerintah Jawa Tengah, Mentawai dan Wasior jika akan melakukan program percepatan transmigrasi di Kubu Raya. Adapun calon lokasi yang masih bisa dikembang untuk pemukiman transmigrasi dan usaha pertanian tersebut, yaitu Kecamatan Terentang Hulu SP 1 dengan daya tampung 350 KK, Desa Sungai Radak II SP 2 Kecamatan Terentang, dengan daya tampung 200 KK, Desa Sungai Bulan C, Kecamatan Sungai Raya, dengan daya tampung 150 KK Desa Dabung SP 2, Kecamatan Kubu dengan daya tampung 200 KK dan Desa Permata, Kecamatan Terentang, dengan daya tampung 350 KK.

Lanjutnya, dia juga sudah mengajukan surat program percepatan transmigrasi tersebut kepada Kementrian Transmigrasi Republik indonesia. "Tanggapannya cukup antusias, hanya saja mereka masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat dan Menteri Transmigrasi," ucap Muda. Wakil Sekretaris Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia itu menambahkan, meletusnya Gunung Merapi berdampak sangat luar biasa terhadap beberapa daerah yang berada di sekitar lereng Gunung Merapi. Awan panas atau 'wedhus gembel' yang telah dimuntahkan dari kawah Gunung Merapi telah menimbulkan kerusakan yang sangat parah, terutama bagi daerah atau desa-desa yang berada sampai radius 10 km dari Gunung Merapi, bahkan bisa dikatakan sebagai kota mati.

Dalam hal tersebut, Pulau Kalimantan dan khususnya Kabupaten Kubu Raya dapat dikatakan bebas dari bencana alam Gunung Merapi dan gempa bumi, dan masih kekurangan penduduk untuk membangun daerah, sehingga sangat memungkinkan menjadi daerah tujuan transmigrasi. "Kita merasa prihatin dan berniat membantu masyarakat sekitar Gunung Merapi yang telah kehilangan tempat tinggal dan harta benda yang berkeinginan untuk menata kehidupan kembali dengan bertransmigrasi ke kabupaten Kubu Raya," katanya.

Dijelaskannya, Kabupaten Kubu Raya dengan jumlah penduduk 502.000 jiwa, 20% penduduknya adalah warga Transmigrasi yang ditempatkan sejak tahun 1969. Dari jumlah tersebut 80% penduduk Transmigrasi berhasil dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya, salah satunya adalah Kecamatan Rasau Jaya yang sekarang ini ditetapkan sebagai kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) yang meliputi 4 (empat) Kecamatan (Rasau Jaya, Sungai Raya, Kubu, Teluk Pakedai) dan saat ini akan dikembangkan lagi KTM di kawasan Kecamatan Terentang.

"Oleh karena itu sebagai salah satu anak bangsa Pemerintah Kabupaten Kubu Raya ikut terpanggil mencari solusi alternatif berkelanjutan dalam hal mengatasi dampak psikologis dan traumatik warga yang terkena dampak Gunung Merapi," tutur Muda. Dia berpendapat, Pemerintah Kubu Raya merasa tidak mempermasalahkan program transmigrasi tersebut mengingat banyak dampak positif yang bisa di dapat. Selain itu dampaknya terhadap masyarakat lokal juga bisa banyak belajar dari masyarakat transmigrasi.

Lanjutnya lagi, Pemerintah Kubu Raya beserta masyarakat siap menerima para korban bencana alam Gunung Merapi dengan menyiapkan lahan yang dapat menampung sekitar 1.450 KK dengan asumsi setiap Kepala Keluarga akan mendapatkan lahan seluas 2,00 Hektare. "Lahan yang telah dipersiapkan tersebut merupakan lahan basah yang sesuai untuk pengembangan pertanian tanaman pangan dan petenakan besar (sapi dan kerbau) dalam mendukung ketahanan pangan dan daging nasional," kata Muda.

Humas Sekretariat Daerah

Kabupaten Kubu Raya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver